Inovasi Baru Peternak Susu Kambing Banyumas


Di tengah naiknya harga susu yang menimbulkan keresahan, kelompok peternak kambing etawa di Gumelar Banyumas kebanjiran pemesan. Meski harga sedikit mahal namun belakangan, susu kambing yang juga bisa untuk penyembuhan berbagai penyakit ini banyak diminati konsumen.

Satu satunya peternakan kambing peranakan etawa di Kabupaten Banyumas hanya terdapat Desa Gumelar Kecamatan Gumelar. Di tempat ini terdapat sebuah paguyuban ternak yang diberi nama Pegumas atau peranakan etawa Gumelar Banyumas. Meski baru lima tahun dirintis, peternakan yang anggotanya sebagian besar para guru SD ini, hasilnya sudah bisa dirasakan.

Menurut peternak Pegumas, Ruswoyo Gunawan, peternakan kambing asal India ini semula diprioritaskan untuk kambing pedaging, namun belakangan, peternak mulai memanfaatkan kambing berukuran besar itu untuk produksi susu. Dari sekitar 30 kambing Etawa mereka, sudah berhasil memasarkan susu itu ke Jakarta, Bogor, Kalimantan dan Lampung. Bahkan kini mereka tengah merintis untuk memasarkan ke negara Malaysia dan Singapura.

“ Ya sejak naiknya harga susu sapi, permintaan terhadap susu kambing etawa meningkat tajam, sehingga kami kewalahan dan hanya mampu menyediakan bagi pelanggan lokal,” ujar Ruswoyo. Hal ini karena jumlah kambing perah yang terbatas, sehingga kemampuan produksi susu di Pegumas tak bisa melayani yang terus bertambah.

Meskipun harganya sedikit mahal, namun susu kambing Etawa memiliki banyak kelebihan, selain bisa dikonsumsi bayi layaknya susu sapi, karena sangat baik bagi bayi dalam masa pertumbuhan. Susu ini juga bisa dikonsumsi orang dewasa untuk berbagai terapi pengobatan seperti asma, liver, kencing manis dan diabetes.

Cara memasak susu ini sangat mudah. Usai diperah, susu kemudian disaring hingga empat kali. Selanjutnya dimasak hingga mendidih untuk menghilangkan bakteri. Agar susu terasa lebih nikmat, bisa dicampur dengan jahe dan gula aren.
Berbeda dengan susu sapi yang biasanya dikonsumsi bayi tiga kali dalam sehari. Untuk susu kambing etawa,dalam sehari cukup diberikan satu gelas yang berisi sekitar 2,5 mili liter. Untuk harga satu liternya, susu kambing etawa berkisar Rp 8 ribu hingga Rp10 ribu.

Biasanya konsumen susu kambing etawa merupakan pelanggan yang fanatik. Mereka yang membeli susu di peternakan ini mengaku sudah banyak membuktikan khasiatnya.

Kini peternak pegumas sering didatangi peternak lain untuk studi banding di tempat tersebut. Sayangnya kepedulian pemerintah Banyumas terhadap peternakan kambing jenis ini sangat rendah, sehingga perkembangannya kurang maksimal.
sumber: (banyumasnews.com/n-1)

About the Author

toko higoat

Author & Editor

Kami adalah Stokist Resmi PT HR Marketing. Kami Menyediakan olahan Susu Kambing Saenan dalam bentuk bubuk dan tablet. Pruduk HR Marketing yang kami pasarkan adalah Higoat Original, Higoat Premium, Higoat Spirulina dan Higoat Tablet. Silahkan Hubungi kami jika anda berminat untuk order susu kambing higoat. HP/WA: 082131222659

Sebelum Order silahkan cek DAFTAR HARGA SUSU KAMBING HIGOAT ya

Contoh SMS:

"Order Higoat Original 3 box + Premium 4 Box + Higoat + Tablet 4 Box, Mike Rahmawati, Perum Citra Gran 2 No 999 Cibubur Jakarta Timur, Via BCA".

Kirim ke SMS/WA ke No HP: 082131222659 atau 085785586019 PIN BB 5F166544.

Tunggu Balasan kami berisi total biaya + nomor rekening + ekspedisi JNE.


Susu Kambing Higoat Iklan

 

Copyright © Agen Higoat Susu Kambing Cilacap. All rights reserved. Otak atik by Agen Herbal Abe & Foredi Gel